Bahasa Indonesia

Bahasa Konten

Masuk Daftar Gratis

7 Soft Skill yang Penting Dimiliki untuk Perkembangan Karir

3 bulan sebelumnya
Blog

Soft skill merupakan kemampuan yang sama pentingnya untuk dikuasai dengan skill lainnya dalam pengembangan karir. Namun sayangnya, pendidikan tinggi dan program pelatihan kerja pada umumnya cenderung berfokus pada pengembangan hard skill (keahlian teknis) yang meskipun krusial, tetapi belum cukup untuk membuat Anda sukses dalam berkarir.

Setiap profesi tentunya memerlukan pengetahuan dan keahlian teknis yang berbeda-beda. Namun di luar itu, ada beberapa keahlian dan kompetensi lebih umum, yaitu soft skill, yang jika dimiliki akan sangat membantu untuk mengembangkan karir Anda.

Tidak peduli apapun industri, posisi, atau pekerjaan Anda saat ini, 7 soft skill berikut sangat penting dimiliki dalam meraih kesuksesan untuk profesi apa pun. Apa saja 7 soft skill yang dimaksud? Simak melalui artikel ini!

1. Emotional Intelligence (EQ) 

Emotional intelligence atau kecerdasan emosional merupakan kemampuan yang mencerminkan seberapa baik seseorang dalam mengatur emosi dalam menjalin relasi dengan orang lain. Keahlian ini penting dimiliki ketika Anda dituntut untuk memimpin dan bekerja dengan tim, ketika menjalin network, ataupun ketika berinteraksi dengan rekan kerja atau klien. 

Anda bisa mengasah EQ dengan berlatih menempatkan diri Anda di posisi orang lain, dan juga menumbuhkan rasa empati.  

2. Komunikasi 

Soft skill komunikasi yang dimaksud disini adalah kemampuan dalam menyampaikan ide atau pendapat dengan baik. Orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik akan mampu memilih kata yang efektif dan cocok digunakan untuk situasi tertentu, serta memiliki kesadaran kapan ia perlu bertanya atau berpendapat tentang sesuatu.

Kemampuan komunikasi yang baik sangat vital dimiliki ketika Anda bekerja dengan manager, tim, ataupun klien. Seberapa cemerlang pun ide yang Anda miliki, tidak akan berarti apapun jika Anda tidak dapat mengkomunikasikannya dengan baik kepada tim atau klien. 

Kejelasan, percaya diri, empati, kebijaksanaan, dan kemampuan mendengarkan secara aktif adalah beberapa ciri komunikator yang baik.

3. Decision Making 

Soft skill ini merujuk pada kemampuan seseorang dalam mengambil keputusan yang tepat. Kemampuan ini akan sangat penting ketika Anda berada pada posisi manajerial atau eksekutif pada suatu organisasi. Menghindari atau terlalu lama dalam mengambil keputusan akibat melakukan riset yang kurang penting akan menghambat seseorang dan tim yang dipimpinnya untuk berprogres. 

Untuk dapat meningkatkan soft skill yang satu ini, Anda bisa berlatih menjadi lebih tegas dan kritis dalam melihat situasi atau permasalahan.

4. Integritas 

Integritas adalah kemampuan seseorang dalam memenuhi komitmen, menunjukkan kejujuran, dan mengerjakan sesuatu dengan konsisten. Integritas dalam dunia profesional dapat ditunjukkan dengan kemauan untuk mengakui kesalahan dan menjalankan sesuatu sesuai dengan apa yang ia janjikan atau katakan. 

Orang akan menaruh kepercayaan dan menghargai seseorang yang memiliki integritas tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak mau mengakui kesalahannya dan justru menyalahkan orang lain ketika disudutkan.

5. Tekat (Drive)

Seseorang yang memiliki tekad yang kuat adalah seseorang yang dapat dengan konsisten bekerja keras dalam mengerjakan sesuatu. Namun hal ini bukan berarti Anda harus bekerja di luar kemampuan atau tanggung jawab Anda. 

Sebagai contoh, orang dengan tekad yang kuat biasanya akan memiliki inisiatif untuk memperdalam pengetahuannya saat ini agar dapat mengerjakan proyek dengan hasil yang melebihi ekspektasi.  

6. Manajemen Waktu

Kemampuan dalam mengatur waktu menjadi soft skill yang sangat berharga terlebih di saat seperti ini ketika skema Work From Home (WFH) diterapkan di banyak perusahaan. 

Memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik akan membantu Anda dalam merencanakan dan mengelola jadwal harian demi menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. Pintar dalam mengatur waktu juga akan membuat Anda lebih efisien dan produktif dalam menyelesaikan pekerjaan.

7. Kepemimpinan (Leadership)

Kepemimpinan adalah soft skill yang dapat Anda tunjukkan meskipun Anda tidak secara langsung memimpin sebuah tim.

Selain dapat memandu timnya untuk mencapai target, seseorang yang memiliki kepemimpinan yang baik juga dapat dicerminkan dari kemampuannya dalam menginspirasi orang lain. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak employer yang menuntut pekerjanya untuk memiliki soft skill yang satu ini.

Itulah beberapa soft skill yang penting untuk Anda miliki untuk dapat sukses dalam berkarir. Jika Anda butuh belajar lebih dalam mengenai soft skill atau topik-topik pengembangan karir lainnya, Anda bisa bergabung di E3 Business!

E3 Business adalah platform e-learning yang bertujuan untuk membantu pengusaha, pemilik bisnis, dan tim mereka dengan menyediakan konten bisnis akademis dan praktis yang diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis mereka. 

Kelas-kelas E3 Business terpercaya karena disajikan langsung oleh profesor, manajer dan CEO terkemuka dari seluruh dunia.