Bahasa Indonesia

Content Language

Login Sign up for free

25 Ide Usaha Sampingan Tanpa Modal Besar & Bisa Dari Rumah!

1 year before
Blog

Banyak orang ingin mendapatkan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan hidup namun tidak tahu apa yang dilakukan untuk menambah pundi-pundi uang. Meninggalkan pekerjaan utama begitu saja tentu bukan opsi yang bijak. Sebagai solusi, Anda dapat memulai usaha sampingan yang bisa dilakukan di sela-sela pekerjaan utama. 

Gaya hidup seperti ini ini pun akhirnya mulai populer. Di Amerika Sekitar terdapat 45% karyawan yang mempunyai pekerjaan sampingan pada tahun 2019. Mengingat tuntutan hidup yang kian berat, maka tak heran jika banyak orang menggeluti side job. 

Tidak perlu khawatir, kali ini kami akan membahas berbagai macam usaha sampingan yang Anda bisa dilakukan bahkan dari rumah sekalipun!

1. Katering

Mungkin Anda berpikir jika usaha katering memakan biaya cukup besar. Padahal tidak selalu, lho! Anda bisa memulai usaha katering sampingan kecil-kecilan untuk berbagai acara. Anda juga tidak membutuhkan biaya sewa tempat karena semua kegiatan bisa dilakukan dari dapur rumah. 

Selain itu, kini usaha sejenis katering mulai marak dengan sentuhan teknologi yaitu cloud kitchen. Pola bisnis cloud kitchen menyediakan sebuah dapur besar untuk disewakan kepada pemilik usaha lain. 

Setiap pesanan makanan yang masuk ke penyewa akan langsung diteruskan ke pihak dapur dan makanan akan dikirim ke konsumen begitu selesai dimasak menggunakan jasa kurir pengantaran makanan.

2. Crafting

Hobi membuat kerajinan atau crafting bisa bermacam-macam, mulai dari menjahit kain perca menjadi pouch cantik, merajut, sampai mengubah kemasan bekas kopi instan menjadi hiasan kulkas. Kegemaran yang satu ini bisa dikembangan untuk menjadi bisnis sampingan yang menguntungkan! Bahannya pun mudah dicari di sekitar Anda. 

Tak hanya itu, hobi melakukan berbagai jenis kerajinan juga ternyata dapat menurunkan tingkat stress. Contohnya saja merajut.  Dikutip dari jurnal “The Benefits of Knitting for Personal and Social Wellbeing”, merajut atau dikenal sebagai knitting dapat meningkatkan kualitas hidup dan memelihara kesehatan mental. 

3. Membuat Kukis

Siapa yang tak suka dengan kukis? Makanan yang satu ini mudah ditemukan pada berbagai perayaan dan acara seperti Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru. 

Anda yang hobi membuat berbagai macam kukis bisa mulai mencoba untuk menjualnya. Anda akan mendapatkan keuntungan lebih banyak di event atau hari raya tertentu (baik berjualan secara offline maupun online) karena peminat pembelian kukis lebih banyak. Jika digeluti dengan ulet, omzet berjualan kukis di hari raya tertentu bisa mencapai ratusan juta lho! 

4. Freelance Writer 

Anda suka menulis dan ingin memanfaatkan hobi tersebut untuk menjadi uang? Freelance writer adalah pilihan yang tepat. Sebagai pemula, Anda dapat menulis artikel dengan topik ringan untuk media sebagai seorang kontributor. 

Kemudian jika Anda mulai memahami dan mengenal media sosial, Anda bisa memilih menjadi Content Writer yang biasanya berkecimpung di ranah media sosial dan website untuk mendukung content marketing suatu perusahaan

5. Guru Privat

Bagi Anda yang mempunyai latar belakang belakang pendidikan, menjadi guru privat, mulai dari calistung sampai Bahasa Inggris. Seorang guru privat bisa mengajar dari rumah secara tatap muka atau online. Bahan ajarnya mengikuti kurikulum untuk menunjang pembelajaran murid selain di sekolah. Biasanya guru privat hanya mengajar dalam hitungan jam dan biayanya pun juga dihitung perjam yang tidak akan mengganggu waktu kerja Anda. 

6. Dropshipper

Seorang dropshipper adalah orang yang menjual barang dari dari pihak ketiga selaku distributor. Anda tinggal mengambil produk dari distributor dan mengirimnya kepada konsumen. Mudah dan praktis, bukan? 

Jika Anda memilih menjadi dropshipper, maka Anda tidak butuh mengeluarkan biaya sedikitpun untuk modal bisnis. Dengan menjalankan pola bisnis dropship, Anda tidak perlu membuat atau bahkan menyetok barang, semua barang dibeli dari pihak eksternal lalu dikemas dan dikirimkan kepada konsumen juga oleh pihak eksternal tersebut.

7. Penerjemah

Banyak orang yang membutuhkan jasa translator untuk membantu orang dengan kemampuan bahasa asing terbatas. Anda yang fasih bahasa asing tertentu seperti Bahasa Inggris dan Mandarin disarankan menjadi translator. Namun, perlu diperhatikan Anda butuh sertifikasi khusus yang membuktikan bahwa Anda adalah orang yang kredibel di bidangnya. 

8. Fotografer

Rasanya hampir tidak lengkap setiap acara berharga tidak disertai dengan dokumentasi. Hobi fotografi yang Anda geluti bisa menjadi sumber pundi-pundi tambahan di samping pekerjaan utama. Anda pun dapat secara mandiri membangun portofolio pribadi supaya hasil karya Anda semakin dikenal khalayak luas. Jika Anda belum mempunyai kamera profesional, maka Anda dapat mengandalkan kamera smartphone pribadi dengan megapixel yang cukup mumpuni. 

9. Penyiar Podcast

Kini banyak orang yang mulai mendengarkan rekaman podcast melalui berbagai macam platform dengan tema yang beragam. Ini menjadi kesempatan bagi Anda untuk membuat rekaman podcast yang nantinya bisa Anda unggah di platform musik kesayangan. Kemudian, Anda juga bisa menerapkan personal branding supaya podcast Anda semakin banyak pendengar. 

10. Game Streamer

Bermain game tidak sepenuhnya buruk seperti yang sebagian orang kira. Justru bermain game bisa menjadi usaha sampingan yang tidak biasa! Anda perlu modal computer, microphone, dan dan webcam yang memadai. Hobi tetap jalan, uang pun aman. 

11 Joki Game

Joki yang satu ini bukan sembarang joki, melainkan joki game yang belakangan ini mulai populer. Jika menjadi game streamer berarti membuat Anda bermain game dan ditonton banyak orang, sedangkan menjadi joki game berarti Anda memainkan akun game orang lain yang tidak sempat dimainkan sampai ke level tertentu. 

12 Admin Media Sosial

Rasanya hampir semua lini kehidupan masyarakat sudah mengakses sosial media. Hal ini tentu menjadi peluang besar bagi para pemilik  perusahaan untuk menggunakannya sebagai sarana promosi. Oleh karenanya permintaan admin media sosial untuk posisi full time dan freelance pun juga semakin besar. 

13.  Desain Grafis

Berbagai macam postingan di sosial media membutuhkan ilustrasi atau gambar yang menarik. Anda yang suka menggambar cocok untuk menjalani usaha sampingan ini. Biasanya profesi desain grafis paruh waktu banyak digeluti oleh mahasiswa. Namun bagi Anda yang memiliki pekerjaan full time, tidak ada salahnya jika punya skill dan waktu yang cukup. 

14. Jasa Titip

Apakah Anda tipe orang yang suka berbelanja? Sekalian berbelanja, Anda juga dapat sekalian membuka layanan jasa titip. Umumnya biaya jasa titip berkisar mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 20.000. Cukup lumayan untuk menambah uang belanja! 

15. Youtuber

Pergeseran media ke arah digital membuat banyak orang mulai beralih ke Youtube ketimbang mengandalkan televisi analog. Menurut Katadata, di Indonesia sendiri mencapai 93,8 persen di tahun 2020. Inilah yang melatarbelakangi maraknya berbagai macam content di Youtube. Peluang tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membuat konten yang menarik sebagai youtuber. 

16. Agen Asuransi 

Asuransi perlindungan jiwa dan kesehatan sangat diminati di Indonesia, terutama semenjak adanya pandemi Covid-19. Sebagai agen asuransi, Anda akan berperan untuk menjembatani perusahaan penyedia jasa asuransi dan orang yang membutuhkan perlindungan risiko. 

Sistem kerja agen asuransi sangat fleksibel. Adapun tugas utamanya adalah menjelaskan informasi rinci mengenai jasa asuransi dan menetapkan kesepakatan antara calon nasabah dan perusahaan asuransi. Kemudian kesepakatan ini akan tertuang dalam polis asuransi. 

17. Makeup Artist

Anda yang menyukai make up bisa menjajal usaha sampingan yang satu ini. Jasa make up artist biasanya dibutuhkan untuk acara wisuda, pernikahan atau hanya untuk acara resmi lainnya. Bila sudah terjun menjadi make up artist freelance, jangan lupa untuk membuat portofolio. 

18. Laundry

Usaha sampingan yang satu ini bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan ruang kosong sebagai tempat mesin cuci dan setrikaan. Apabila lokasi rumah Anda berada di dekat kos-kosan mahasiswa atau karyawan, bisa jadi ini adalah kesempatan yang menguntungkan!

19. Data Entry

Punya banyak waktu luang dan mempunyai ketelitian tinggi? Anda bisa menjadi seorang data entry paruh waktu. Cukup bermodalkan komputer, koneksi internet, dan ketelitian, maka Anda akan mendapatkan uang tambahan untuk menyambung kehidupan sehari-hari. 

20. Jasa Cuci Motor 

Sepeda motor adalah salah satu moda transportasi yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, jasa pencucian motor pastinya cukup laris dan diminati. Anda perlu membeli  sabun, kompresor, selang, lap, dan sebagainya dengan modal tak sampai Rp 2.000.000! 

21. Konsultan Keuangan

Nah, konsultan keuangan tidak bisa sembarang orang. Anda harus menjadi seorang expert terlebih dahulu di bidang ini. Setelahnya, barulah Anda dapat menjadi konsultan keuangan paruh waktu di samping pekerjaan utama. 

22. Toko Kelontong

Usaha sampingan yang satu ini cenderung konvensional ala orang tua, tetapi jika digeluti dengan baik, omzetnya tidak main-main! Walau mulai marak supermarket bertebaran di berbagai tempat, toko kelontong sebenarnya masih cukup menjanjikan. Anda bisa menggunakan tempat kosong di depan rumah, membeli etalase kecil sebagai tempat barang jualan dan warung Anda pun siap! 

23. Mengisi Survey Online

Daripada hanya terdiam karena waktu luang yang begitu banyak, Anda bisa mengisi survey online yang biasanya dilakukan oleh website dari luar negeri. Upah untuk mengisi survey ini pada umumnya diberikan dalam mata uang dollar. Contoh website yang menyediakan survey berbayar antara lain iPanelOnline, Opinion World, Surveyon, dan lain-lain 

24. Perantara Penjualan Properti

Menjual properti tidaklah mudah. Umumnya ada perantara yang membantu penjualan properti agar cepat laku terjual. Menjadi perantara bisa dilakukan di samping pekerjaan utama Anda. Upahnya pun tergantung besaran harga properti yang dijual dan kesepakatan bersama pemilik properti. 

25. Jualan Online

Maraknya jual beli barang melalui internet bisa menjadi celah yang menarik untuk membuka jualan online. Produk yang dapat Anda jual secara online mulai dari pakaian sampai makanan. Anda bahkan bisa membalas chat dari pelanggan yang menanyakan soal produk di jam istirahat kerja. Jadi,  pekerjaan utama Anda tidak akan terganggu. 

Selain ide usaha sampingan di atas, Anda juga bisa mengulik berbagai tips dan ide lain usaha sampingan dengan bergabung dengan E3 Business!

E3 Business adalah platform e-learning yang bertujuan untuk membantu pengusaha, pemilik bisnis, dan tim mereka dengan menyediakan konten bisnis akademis dan praktis yang diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis mereka. 

Kelas-kelas E3 Business terpercaya karena disajikan langsung oleh profesor, manajer dan CEO terkemuka dari seluruh dunia