Bahasa Indonesia

Bahasa Konten

Masuk Daftar Gratis

Terapkan Langkah ini untuk Membangun Personal Branding Anda

3 bulan sebelumnya
Blog

Membangun personal brand saat ini sangat diperlukan seiring dengan pasar kerja yang semakin kompetitif. Namun sudah paham betul kah Anda apa itu yang dimaksud dengan personal branding?

Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin pesatnya perkembangan teknologi media telah mengubah cara kita dalam memandang dan mempersepsikan seseorang. Saat ini, Anda memiliki kesempatan yang lebih besar untuk membangun reputasi diri dan memberikan pengaruh kepada publik berkat semakin banyaknya media digital dan platform media sosial yang tersedia. 

Personal branding yang Anda miliki adalah pedang bermata dua yang bisa menguntungkan namun juga dapat merugikan bagi diri dan karir Anda sendiri. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana caranya membangun personal branding yang benar.

Secara garis besar, personal branding adalah persona diri yang Anda bangun dan tampilkan kepada publik. Persona yang dimaksud disini merepresentasikan, namun tidak terbatas pada, etos kerja, tujuan, dan misi yang Anda miliki dalam dunia profesional. 

Artikel ini akan membahas hal-hal seputar personal branding yang meliputi alasan mengapa Anda perlu membangun personal branding, dan bagaimana cara efektif dalam membangun personal branding.

Mengapa Personal Branding Penting? 

Personal brand yang Anda miliki akan membantu Anda untuk menonjol diantara banyak orang. Personal brand juga dapat digunakan untuk mendemonstrasikan pengetahuan dan keahlian yang Anda miliki pada bidang tertentu.

Selain dari itu, saat ini terdapat pergerakan tren dimana bisnis menonjolkan personal brand dari key people bisnis tersebut demi mendapatkan branding yang lebih kuat. 

Contoh konkret dari tren ini bisa dilihat dari Steve Jobs sebagai wajah dari brand Apple, atau Elon Musk yang personal brand nya bisa dikatakan lebih baik dari branding perusahaan yang dipimpinnya, Tesla.

Melihat tren tersebut, maka bisa disimpulkan membangun personal brand yang kuat dari diri Anda dapat memberikan keuntungan baik bagi diri Anda sendiri maupun untuk bisnis atau perusahaan Anda.

Cara Membangun Personal Brand 

Personal brand perlu dibentuk sedemikian rupa agar dapat mudah diartikulasikan di dunia digital dan mudah dikomunikasikan baik secara verbal maupun tindakan.

Karena personal brand Anda merupakan representasi dari diri Anda sendiri, maka sangat lah penting untuk membangun personal brand otentik dari citra diri yang menggambarkan diri Anda sebenarnya.

Untuk dapat membangun personal brand diri Anda, ikuti beberapa langkah di bawah ini.

1. Cari Tahu Apa Purpose Anda

Personal brand yang Anda bangun harus selaras dengan apa yang ingin Anda capai dalam karir Anda. Selain itu, coba lah juga untuk menentukan kualitas apa saja yang ingin Anda tonjolkan dari diri Anda. 

Sebagai contoh, jika Anda ingin menjadi pembicara publik, maka Anda harus ‘memasarkan’ diri Anda sebagai orang yang memiliki kemampuan berbicara di depan publik yang sempurna dan juga memiliki ambisi yang kuat di bidang profesional Anda.

2. Bangun Jejak Sosial 

Buatlah profil yang merefleksikan diri dan passion Anda di berbagai platform media sosial. LinkedIn menjadi salah satu platform media sosial paling cocok yang bisa Anda gunakan untuk mendemonstrasikan minat, keterampilan, dan ambisi Anda.

Jika Anda memiliki beberapa akun media sosial, pastikan profil dan informasi yang Anda bagikan di platform tersebut konsisten dengan pesan dan karakteristik dari personal brand Anda secara keseluruhan.

3. Buat Rencana untuk Diri Anda Sendiri 

Sebagaimana seperti membangun branding bisnis dan perusahaan, membangun personal brand juga memerlukan perencanaan matang. 

Sebagai permulaan, Anda bisa mencoba untuk mendefinisikan secara jelas apa tujuan, target, dan tahap-tahap yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian, yang secara tidak langsung akan memperkuat personal brand Anda.

4. Membangun Narasi

Salah satu cara paling efektif dalam membangun personal brand yang menarik adalah dengan menggunakan narasi. 

Tahap ini lah yang akan menjadi penentu apakah publik akan mudah menerima personal brand yang Anda bangun atau tidak. Karena dengan narasi, kesan yang Anda bangun kepada khalayak akan lebih mudah diingat ketimbang hanya sekedar menyampaikannya secara terang-terangan.

Coba untuk cari sisi unik dari perjalanan profesional Anda yang menarik untuk ditonjolkan: Apakah jalan yang Anda tempuh untuk mencapai karir Anda sekarang tidak biasa? Atau mungkin ada beberapa pengalaman tertentu dalam hidup Anda yang membuat Anda memilih karir yang sedang Anda tekuni?

Semakin menarik narasi yang Anda bangun maka akan semakin kuat pula personal brand yang Anda miliki.

Demikian pembahasan mengenai pentingnya membangun personal branding serta langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membangun personal branding. Untuk membantu Anda mulai membuat personal brand, gunakan workbook berikut ini.

Anda juga bisa bergabung di E3 Business jika ingin belajar lebih dalam mengenai personal branding atau topik-topik pengembangan diri lainnya!

E3 Business adalah platform e-learning yang bertujuan untuk membantu pengusaha, pemilik bisnis, dan tim mereka dengan menyediakan konten bisnis akademis dan praktis yang diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis mereka.

Kelas-kelas E3 Business terpercaya karena disajikan langsung oleh profesor, manajer dan CEO terkemuka dari seluruh dunia