Bahasa Indonesia

Content Language

Login Sign up for free

Pahami Apa itu Digital Marketing dan Pentingnya Bagi Bisnis

2 years before
Blog

Keberadaan pandemi COVID-19 beberapa tahun belakangan ini sedikit banyak telah mengubah perilaku konsumen secara global. Salah satu contoh yang paling terlihat yaitu meningkatnya tren belanja online akibat dari terbatasnya aktivitas di luar rumah. Fenomena ini menunjukkan bahwa menjalankan strategi digital marketing sangatlah penting bagi bisnis Anda agar dapat berkompetisi di pasaran saat ini.

Dengan terus meningkatnya waktu yang dihabiskan konsumen untuk online, maka Anda harus memastikan bisnis atau produk Anda dapat dengan mudah ditemukan oleh konsumen di internet. Satu-satunya cara paling efektif yang bisa Anda lakukan dalam mencapai hal tersebut adalah dengan menjalankan digital marketing.

Oleh karena itu, artikel ini akan membantu Anda dalam memahami apa itu digital marketing dan mengapa digital marketing penting bagi bisnis, simak pembahasan di bawah ini.

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah kombinasi seluruh aktivitas marketing yang dilakukan menggunakan media elektronik maupun internet.

Aktivitas marketing yang termasuk ke dalam digital marketing meliputi social media marketing, search marketing, digital advertising, website marketing, dan masih banyak lagi.

Mengapa Digital Marketing Penting bagi Bisnis? 

Menjalankan digital marketing hampir merupakan sebuah kewajiban agar bisnis dapat mengalami pertumbuhan yang efektif di era digital seperti saat ini. Menurut riset yang dilakukan oleh Hootsuite & We Are Social, pengguna internet saat ini telah mencapai 4,66 miliar orang, atau 59,5% populasi dunia. 

Dengan cakupan audience sebesar itu, digital marketing menawarkan banyak peluang bagi bisnis untuk dapat bertumbuh lebih cepat. Lewat menjalankan digital marketing, bisnis Anda dapat meningkatkan eksposur dan penjualan secara efisien. 

Selain jangkauannya yang luas, masih banyak kelebihan-kelebihan lain dari digital marketing yang dapat menjadi alasan kuat mengapa bisnis perlu menjalankan digital marketing. Berikut beberapa yang utama.

1. Dapat Menargetkan Prospek yang Lebih Spesifik

Ketika Anda meletakkan iklan di TV, koran, atau billboard, Anda memiliki kendali yang terbatas atas siapa yang akan melihat iklan Anda. Namun lewat menjalankan digital marketing, Anda dapat memiliki keleluasaan dalam menetapkan kriteria audience seperti apa yang akan melihat iklan Anda.

Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan iklan media sosial yang menargetkan audience tertentu berdasarkan beberapa kriteria seperti umur, gender, lokasi, minat, dan masih banyak lagi.

Hal ini tentu sangat menguntungkan dari segi bisnis karena budget dan kampanye marketing yang Anda jalankan akan lebih tepat sasaran.

2. Lebih Cost-Effective dari Metode Marketing Konvensional

Digital marketing memungkinkan Anda untuk melacak kampanye marketing yang Anda jalankan setiap hari. 

Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir jumlah budget yang Anda keluarkan untuk channel marketing tertentu jika kampanye marketing yang dijalankan tidak menunjukkan ROI yang baik. Hal yang sama akan sulit untuk dilakukan bagi channel marketing yang lebih konvensional. 

3. Membantu Bisnis Kecil Berkompetisi dengan Brand Besar

Brand atau bisnis dengan skala besar tentunya memiliki kapasitas lebih besar dalam mengeluarkan budget lebih banyak untuk menjalankan kampanye marketing. Karena itu, akan cenderung sulit bagi bisnis kecil untuk berkompetisi dengan bisnis dengan skala besar dalam mendapatkan konsumen, mengingat budget-nya pun lebih terbatas.

Untungnya, digital marketing menawarkan kesempatan yang cukup luas bagi bisnis berskala kecil untuk dapat berkompetisi dengan brand besar lewat beberapa channel digital.

Dalam menjalankan kampanye marketing di channel digital, besar atau kecilnya suatu brand tidak begitu relevan. Yang lebih penting adalah apakah konten yang ditawarkan relevan dengan audience yang ingin disasar. 

4. Performa yang Lebih Terukur 

Salah satu kelebihan utama lainnya dari strategi digital marketing adalah aspek keteraturannya. Digital marketing dapat memungkinkan Anda untuk melacak performa kampanye marketing dengan lebih detail. 

Selain itu, menjalankan kampanye marketing di channel digital memungkinkan Anda untuk melihat hasil yang akurat secara real time. Kelebihan ini tidak mampu ditawarkan kebanyakan teknik marketing offline

Itulah pembahasan singkat mengenai apa itu digital marketing dan mengapa bisnis perlu menjalankannya. Jika Anda ingin mulai belajar menerapkan digital marketing untuk bisnis, Anda bisa bergabung di E3 Business!

E3 Business adalah platform e-learning yang bertujuan untuk membantu pengusaha, pemilik bisnis, dan tim mereka dengan menyediakan konten bisnis akademis dan praktis yang diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis mereka. 

Kelas-kelas E3 Business terpercaya karena disajikan langsung oleh profesor, manajer dan CEO terkemuka dari seluruh dunia.