Bahasa Indonesia

Content Language

Login Sign up for free

Pahami Pentingnya Bahasa Inggris Bisnis dan Cara Menguasainya

1 year before
Blog

Apakah lingkungan kerja Anda menuntut Anda untuk menggunakan Bahasa Inggris? Jika ya, maka Anda perlu mengenal dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris untuk bisnis. 

Perlu Anda ketahui, Bahasa Inggris yang digunakan pada lingkungan profesional berbeda dengan Bahasa Inggris umum yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Oleh karena itu, sekedar memahami Bahasa Inggris sehari-hari saja belum cukup untuk menunjang karir atau bisnis Anda.

Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai apa itu yang dimaksud dengan Bahasa Inggris bisnis, perbedaannya dengan Bahasa Inggris sehari-hari, serta tips praktis untuk dapat menguasainya.

Apa itu Bahasa Inggris Bisnis?

Sederhananya, Bahasa Inggris bisnis merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan tipe atau jenis Bahasa Inggris yang biasa dipakai untuk melakukan aktivitas yang berkaitan dengan bisnis. Beberapa aktivitas yang dimaksud disini antara lain perdagangan internasional, finance, perbankan, dan bidang atau situasi profesional lainnya.

Dari sisi perusahaan, penggunaan Bahasa inggris bisnis menjadi sangat penting agar bisnis dapat berkompetisi secara global. Bahasa Inggris bisnis adalah alat komunikasi utama dari perusahaan dan organisasi internasional yang digunakan untuk berbagai hal mulai dari e-mail, dokumentasi perusahaan, hingga pelaksanaan rapat atau konferensi.

Menurut riset dari Pearson, perusahaan yang karyawannya merupakan komunikator yang efektif mendapatkan total shareholder 47 persen lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan yang tidak mengelola kemampuan bahasa karyawannya dengan baik. Maka dari itu, bisnis yang tidak atau belum meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris profesional pada perusahaannya akan melewatkan peluang mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Perbedaan Bahasa Inggris Bisnis dengan Bahasa Inggris Reguler

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Bahasa Inggris bisnis memiliki beberapa perbedaan dari Bahasa Inggris yang biasa kita gunakan sehari-hari. Berikut beberapa perbedaannya.

Gaya Bahasa

Pembeda utama antara Bahasa Inggris bisnis dan Bahasa Inggris reguler adalah penggunaan gaya bahasanya. 

Karena kegiatan profesional biasanya berlangsung pada situasi yang formal, maka gaya bahasa yang digunakan pun akan lebih formal. Gaya bahasa formal juga digunakan pada Bahasa Inggris bisnis untuk meminimalisir terjadinya kesalahpahaman dalam berkomunikasi. 

Di bawah ini merupakan contoh perbandingan kalimat dalam Bahasa Inggris reguler dan Bahasa Inggris bisnis:

Bahasa Inggris Reguler

Bahasa Inggris Bisnis

I need to find out what's wrong.

I need to identify the problem.

I got your e-mail.

I received your e-mail.

I need your help.

I require your assistance.

Jargon dan Kosakata

Setiap bidang profesi memiliki jargon-jargonnya tersendiri. Jargon yang digunakan pada industri otomotif tentunya akan berbeda dengan jargon yang digunakan di industri IT dan perangkat lunak.

Karena Bahasa Inggris merupakan ‘lingua franca’ dalam bisnis, maka penting bagi Anda untuk mengetahui jargon-jargon Bahasa Inggris yang sering digunakan pada industri Anda. 

Tujuan Penggunaan

Bahasa Inggris umum digunakan untuk percakapan dalam lingkungan atau situasi kasual, sehingga Anda bisa menggunakan bahasa ini saat sedang berbicara dengan keluarga, teman, atau orang-orang terdekat.

Sementara itu, Bahasa Inggris bisnis lebih tepat digunakan dalam kepentingan profesional. Misalnya, saat Anda sedang bertemu dengan kolega atau klien bisnis.

Tips Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Bisnis

Untuk memudahkan Anda dalam mulai mempelajari Bahasa Inggris bisnis, Anda bisa mencoba untuk menerapkan beberapa tips di bawah ini.

1. Perjelas kebutuhan penggunaan bahasa Inggris bisnis Anda 

Sebelum mulai mempelajari Bahasa Inggris bisnis, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui situasi seperti apa saja dalam profesi Anda yang sekiranya menuntut Anda untuk menggunakan Bahasa Inggris. 

Buat lah list situasi sespesifik mungkin agar Anda memiliki gambaran yang jelas tentang apa saja yang perlu Anda pelajari.

2. Berlatih dalam situasi langsung

Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris bisnis dan kemampuan komunikasi Bahasa Inggris dalam lingkungan pekerjaan, maka Anda harus aktif mencari kesempatan untuk melatihnya dalam situasi langsung. 

Kemampuan komunikasi terlebih dalam konteks bisnis tidak bisa dikuasai hanya dengan sekedar memahami teori saja. Komunikasi bisnis sering mengharuskan Anda untuk menggunakan etiket tertentu dan menggunakan kata-kata atau konstruksi bahasa secara selektif berdasarkan situasi tertentu.

Maka dari itu, coba lah untuk aktif berpartisipasi pada situasi atau kegiatan yang memaksa Anda untuk menggunakan Bahasa Inggris bisnis. Misalnya, melakukan perjalan bisnis ke luar negeri, mengikuti konferensi, konvensi, trade show internasional, atau melakukan presentasi menggunakan Bahasa Inggris.

3. Membaca literatur dan dokumentasi profesional 

Membaca literatur Bahasa Inggris sangat penting karena akan membantu meningkatkan pemahaman Anda tentang tata bahasa, sekaligus memperluas kosakata aktif dan pasif Bahasa Inggris Anda. 

Membiasakan membaca dokumentasi profesional akan membantu Anda untuk lebih familiar dengan kata-kata, ekspresi, dan konstruksi bahasa yang umum digunakan dalam industri Anda.

4. Berlatih menulis e-mail dalam bahasa Inggris 

Setiap kali Anda menerima email dari rekan kerja dalam Bahasa Inggris, coba catat frasa baru yang mungkin dapat Anda gunakan sendiri di e-mail Anda. 

Sebagai permulaan Anda juga bisa mencari contoh e-mail Bahasa Inggris di internet untuk mengetahui bagaimana cara menyusun e-mail dalam Bahasa Inggris.

 

5. Mengikuti kelas bahasa Inggris Bisnis

Mengikuti kelas Bahasa Inggris bisnis juga merupakan opsi yang cocok untuk Anda pilih jika Anda menginginkan fase belajar yang lebih terstruktur.

Dengan mengikuti kelas Bahasa Inggris bisnis, proses belajar Anda juga akan lebih efektif karena pembelajaran akan didasari pada kurikulum yang sudah terbukti efektif. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan tutor yang dapat memandu Anda untuk lebih cepat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris bisnis Anda.  

Jika Anda ingin mulai belajar Bahasa Inggris bisnis lebih dalam lagi, Anda bisa bergabung di E3 Business!

E3 Business adalah platform e-learning yang bertujuan untuk membantu pengusaha, pemilik bisnis, dan tim mereka dengan menyediakan konten bisnis akademis dan praktis yang diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis mereka.

Kelas-kelas E3 Business terpercaya karena disajikan langsung oleh profesor, manajer dan CEO terkemuka dari seluruh dunia